test 123

Semua tentang RAM (Random Access Memory)

Penjelasan definisi, fungsi dan cara kerja RAM (Random Access Memory)



RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yg isinya dpt diakses dlm waktu yg tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dlm memori. Ini berlawanan dgn alat memori urut, seperti tape magnetik, disk & drum, di mana gerakan mekanikal dr media penyimpanan memaksa komputer utk mengakses data secara berurutan.

biar gak bingung dgn penjelasan diatas
maka akan saya jelasken lbh rinci

Berbeda dengan storage device contohnya : Harddisk, yang berfungsi untuk menyimpan file termasuk program untuk jangka panjang sedangkan RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data2 yang diproses oleh komputer.
Cara kerjanya gini loh, jika pengguna bermaksud menjalankan sebuah program / software, file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang bersangkutan akan diambil dari harddisk. Setelah itu, file-file program dipindahkan ke memory RAM untuk selanjutnya di proses oleh CPU. Jadi, RAM berfungsi sebagai perantara. Kenapa harus melalui RAM?  karena eh karena Storage Device ( Harddisk Drive ) memiliki keterbatasan kecepatan transfer data. Jika CPU harus langsung membaca file, mengeksekusi program, dan menyimpan data pada storage device, proses nya akan berlangsung sangat lambat. Karena itulah RAM berkecepatan jauh lebih tinggi daripada storage device diperlukan sebagai "jembatan" atau media perantara.

Kapasitas Memory

Besar data yang dapat dapat ditampung RAM adalah bervariasi, tergantung kapasitas RAM tersebut, RAM dengan total kapasitas 4 GB dapat menampung data lebih banyak daripada RAM yang berkapasitas total 2 GB. Kondisi ini membuat kinerja komputer lebih mulus. Semakin banyak program yang dijalankan, semakin banyak pula data yang harus disimpan di Memory RAM. Inilah sebabnya komputer yang digunakan untuk multitasking intensif atau menjalankan program2 yang haus memory harus memiliki kapasitas RAM yang memadai.

Pada suatu titik, jika jumlah data yang harus ditampung sudah melebihi kapasitas RAM, sistem operasi akan menjalankan prosedur "pemindahan sementara". Data - data pada program yang aktif di memori RAM , tetapi termasuk urutan low priority misalnya aplikasi yang berjalan di background, akan dipindah untuk sementara ke suatu area di harddisk yang disebut swap file atau virtual memory. Proses ini berakibat buruk pada kinerja komputer karena seperti yang sudah disinggung diatas, storage device seperti harddisk jauh lebih lambat daripada RAM. Akibatnya, komputer yang kehabisan memori akan berjalan tersendat-sendan dan lambat. Untuk menghindari masalah ini, pastikan kapasitas RAM sesuai dengan kebiasaan anda menggunakan komputer. Tambahkan RAM jika anda sering menjalankan program / software yang "rakus" memori.

JENIS MEMORY RAM

Saat ini RAM yang banyak beredar adalah RAM dengan tipe DDR3, sedangkan peredaran tipe pendahulunya seperti RAM tipe DDR2 sudah mulai berkurang peredarannya apalagi bila kita melihat RAM yg lbh jadul lagi seperti pada tipe DDR dan SDRAM

di Indonesia, semakin jadul tipe RAM tersebut maka semakin sedikit stok RAM yang beredar dan harganya pun akan menjadi semakin mahal dan barangnya menjadi langka .



Sejarah perkembangan RAM
1. RAM
RAM ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar – besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pd thn 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).

2. DRAM

Pd tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yg dinamakan DRAM. DRAM mempunyai frekuensi kerja yg bervariasi antara 4,77MHz hingga 40MHz.

3. FP RAM

Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Memori jenis ini langsung mendominasi pemasaran memori, dan orang sering kali menyebut memori jenis ini “DRAM” saja, tanpa menyebut nama FPM. Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yg terdapat pada sebuah row address.

4. EDO RAM

Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis (EDO DRAM) yg merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dpt mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.

5. SDRAM PC66

Pertama kali chip SDRAM dibuat oleh samsung di tahun 1993, seri chipnya KM48SL2000
Pada peralihan tahun 1996 – 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor. Itulah sebabnya mengapa Kingston menamakan memori jenis ini sebagai Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.

6. SDRAM PC100

Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Standar baru ini diciptakan oleh Intel untuk mengimbangi sistem chipset i440BX dengan sistem Slot 1 yang juga diciptakan Intel. Chipset ini didesain untuk dapat bekerja pada frekuensi bus sebesar 100MHz. Chipset ini sekaligus dikembangkan oleh Intel untuk dipasangkan dengan prosessor terbaru Intel Pentium II yang bekerja pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz sementara Intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memori SDRAM, maka dikembangkanlah memori SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz. Seperti pendahulunya PC66, memori SDRAM ini kemudian dikenal dengan sebutan PC100.

7. DDR DRAM

Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory. Dengan hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB/detiknya! (1GB = 1000MB).

8. RDRAM PC800

Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dgn kemampuan yang sama dengan DRDRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan. Jika DRDRAM membutuhkan tegangan sebesar 2,5 volt, maka RDRAM PC800 bekerja pada tegangan 3,3 volt. Nasib memori RDRAM ini hampir sama dengan DRDRAM, kurang diminati, jika tidak dimanfaatkan oleh Intel.
Intel yang telah berhasil menciptakan sebuah prosessor berkecepatan sangat tinggi membutuhkan sebuah sistem memori yang mampu mengimbanginya & bekerja sama dengan baik. Memori jenis SDRAM sudah tidak sepadan lagi. Intel membutuhkan yang lebih dari itu.

9. SDRAM PC133

Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tdk sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.
10. SDRAM PC150
~ * All about RAM Part 2 * ~ - Part 1
Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi – jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya.
Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.
11. DDR SDRAM
~ * All about RAM Part 2 * ~ - Part 1
Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pd SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory.

12. DDR RAM

Pada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133 Mhz kebutuhan Memory (RAM) akan lebih besar. Dan untuk menyelesaikan masalah ini maka dibuatlah DDR RAM(double data rate transfer) yang awalnya dipakai pada kartu grafis, karena sekarang anda bisa menggunakan hanya 32 MB untuk mendapatkan kemampuan 64 MB. AMD adalah perusahaan pertama yang menggunakan DDR RAM pada motherboardnya.
13. DDR2 RAM
~ * All about RAM Part 2 * ~ - Part 1
Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik, kehadiran memori DDR2 merupakan kemajuan logis dalam teknologi memori mengacu pada penambahan kecepatan serta antisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor, memori, dan antarmuka grafik yg hadir dgn kecepatan komputasi yang berlipat ganda.
Perbedaan pokok antara DDR dan DDR2 adalah pada kecepatan data serta peningkatan latency mencapai dua kali lipat. Perubahan ini memang dimaksudkan untuk menghasilkan kecepatan secara maksimum dalam sebuah lingkungan komputasi yang semakin cepat, baik di sisi prosesor maupun grafik.
Selain itu, kebutuhan voltase DDR2 juga menurun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt.

14. DDR3 RAM

RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsumsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v. Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200- 533 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz). Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin.


Bagian Komponen2 RAM beserta penjelasan


Bagian komponen :

1. Chip kecil yang terletak di pojok kanan atas berfungsi untuk menyimpan informasi serial presence detect, yaitu keterangan konfigurasi standar dari modul memory yang bisa dideteksi secara otomatis oleh Motherboard (setting konfigurasi bisa dilakukan di BIOS).

2. Di bagian ujung kiri dan kanan ada bagian berlubang lagi diatasnya.
Lubang ini berfungsi sebagai tempat kait pengunci modul memory pada SLOT RAM di Motherboard.

3. Yang ditandai ini adalah salah satu CHIP dari beberapa deretan CHIP memory dari sebuah modul RAM. Penempatannya bisa berjejer di satu sisi (single side) atau kedua sisi modul (double side), biasanya yang beredar umumnya di Indonesia pada beberapa modul RAM, CHIP yang berderet ini berjumlah sebanyak 8 IC & 16 IC.

4. Pada suatu tempat di bagian konektor, ada lubang kecil yang disebut sebagai notch. Lubang ini berfungsi untuk mencegah modul memory ditempatkan di slot yang tidak pas/pada tempatnya (misalnya jenis DDR2yang coba dipasang di slot memory untuk jenis DDR3). Letak Notch berbeda-beda, bergantung pada jenis RAM nya. Jenis memory yang bisa dipasangkan di Motherboard anda adalah yang memiliki notch yang cocok dengan slot memory di Motherboard.

5. Bagian paling bawah dari modul RAM ini adalah konektor yang ditancapkan ke slot memory di Motherboard, kaki2 seperti pin berwarna seperti tembaga ini cukup sensitif terhadap kotoran dan bila terlalu kotor maka modul RAM terkadang tidak terbaca di BIOS atau suka ada BSOD di sistem OS nya, bila konektor ini kotor kita bisa membersihkannya dengan menggosokkan karet penghapus dan bersihkan sisa serpihan penghapus dengan kain berserat halus yg terbuat dari katun.



Daftar2 Merk Memory yg beredar di pasaran Indonesia maupun luar negeri :

A-Data
Adtec
Aeneon
All Components
Apacer
Asus
ATP
Bit4Ram
Buffalo
Century
CEON
CFD
Centon Electronics
Corsair Memory
Edge
Elixir
Eudar
Fujitsu
Geil
Greenhouse
Skill
Hp
Hyundai
IBM
Infineon
IO-DATA
Itaucom
K-Byte
Kingmax
Kingston Technollogy
Kreton
Kyocera
Lenovo
Memory Ten
Micron Teknology
Mushkin
Novatech solutions
OCZ Technolgy
Patriot Memory
PNY
Powerchip
PQI
ProMos
Rambus
Ramtron International
Raxmaxel
Rendition
Renesas Technology
Samsung Electronics
Shikatornics
Simpletech
Smart Modular
Sony
Spec Tek
Super Talent Technology
Supremetop
Swissbit
SyncMax
TECHWORKS
Toshiba
Transcend
Tyan
TwinMos
V-data
V-gen
Ventura Technology Group
Viking Interworks
Visipro
Chaintech
Wintech


Previous
Next Post »

Follow Me